twitter
jepara adalah salah satu kabupaten yang ada di jawa tengah, yang akhir - akhir ini sering banyak di kunjungi para wisatawan baik dalam maupun luar negri.

bagi kamu yang ingin berkunjung ke jepara, mungkin akan bertanya - tanya, apa yang asli dari jepara. mungkin pada postingan kali ini aku akan mencoba pertanyaan diatas.

1. "om telolet om"


kata yang kemarin menjadi viral di media sosial ini adalah karya anak - anak kecil jepara. aku sendiri awalnya tidak percaya kalau kata "om telolet om" dari jepara. setelah tanya mbah google akhirnya terjawab bahwa kata "om telolet om" adalah hasil karya anak - anak jepara. seperti dikutip dari cnnindonesia.com om telolet om Berawal dari 'keisengan' gerombolan anak-anak di sebuah desa di Jepara yang berkumpul di pinggir jalan. Dari sejumlah video yang diunggah di YouTube, mereka terlihat membawa kertas karton besar bertuliskan, om telolet om yang diarahkan ke arah jalan raya.

2. durian petrok

jika kalian ke jepara jangan lupa pergi ke desa ngabul, karena ada pasar yang sebagian besar penjualnya menjajahkan durian yang didominasi oleh duiran petruk. seperti yang dikutip dari id.wikipedia.org, nama Durian Petruk berasal dari pemilik alias penemu Durian Petruk yaitu Pak Petruk yang tinggal di Dukuh Randusari, Desa Tahunan Kecamatan Tahunan KabupatenJepara, Karena nama penemunya Pak Petruk maka dinamakan Durian Petruk.

3. horog - horog

bagi anda yang belum kedaerah jepara dan sekitarnya, mungkin akan terasa asing dengan "horog - horog". makanan yang terbuat dari pati aren atau sagu ini paling cocok kalau dimakan dengan bakso, karena kuah bakso akan meresap kedalam horog - horog tersebut, dan apabila sudah masuk kedalam mulut, rasanya, emm........... coba aja sendiri kalau anda ke jepara.
ada yang unik dari pembuatan horog - horog. terdapat mitos yang mengatakan hati pembuat horog- horog dapat mempengaruhi hasil jadi horog - horog tersebut seperti yang dilansir id.wikipedia.org.




Post a Comment

info orkes jepara

berita seputar jepara

info persijap