twitter
mitos menurut kamus besar bahasa indonesia adalah cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa tersebut mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara gaib. (http://kbbi.web.id)

dibawah ini aku akan share beberapa mitos yang ada dikalangan masyarakat jepara. sebelumnya aku minta maaf jika mitos tersebut tidak sesuai, yang aku tulis disini adalah sesuai yang aku ketahuiaja ndann


1. akan kena sial jika menabrak kucing dan tidak dikuburkan

mungkin mitos ini ada juga didaerah lain, tapi aku lihat disekitar aku, ada juga yang tidak percaya. kata orang - orang tua untuk menghilangkan sial ketika kita menabrak kucing adalah dengan cara kita harus membungkus kucing yang kita tabrak tadi dengan baju yang kita pakai, kemudian menguburkannya dengan layak. ada juga yang terlalu percaya dengan mitos diatas ditambah dengan mengadakan selametan sederhana

2. tabu membuat furniture untuk duduk dari kayu nangka

tabu yang aku maksud disini menurut orang jepara bilang "rak ilok", seperti kata "pamali" kalau menurut orang sunda. biasanya orang jepara kalau buat furniture dari segala macam kayu, tapi menurut orang - orang tua dijepara, khusus kayu nangka tidak boleh dibuat untuk kerajinan furniture yang digunakan untuk duduk. untuk duduk disini yang aku maksud seperti bangku, kursi, dipan, dan lain sebagainnya yang bisa digunakan untuk duduk. biasanya orang jepara menggunakan kayu nangka untuk dibuat pintu, jendela. kusen, dan lain sebagainya yang tidak untuk diduduki. mitos ini masih pegang oleh kebanyakan masyarakat jepara. 

3. jika hendak pergi kerumah seseorang, dijalan bertemu kucing

menurut orang jepara, jika kita hendak pergi bertamu kerumah seseorang, dan ditengah jalan bertemu kucing, maka hal tersebut dapat menjadi pertanda. jika kucing tersebut menyebrang kearah kanan kita, maka ornag yang kita tuju ada dirumah. tapi sebaliknya jika kucing menyebrang kearah kiri kita, maka orang yang akan kita datangai tidak ada. jujur untuk mitos ini aku beberapa kali mengalaminya, dan tidak benar 100%.

4. pilek yang lama sembuh pertanda ada perawan yang hamil diluar nikah

mitos yang kedengarannya lucu ya ndaan, tapi itu yang di percayai oleh masyarakat jepara. aku sendiri pertama kali dengar tiak percaya, tapi aku pernah mengalminya, entah kebetulan atau gimana, aku pernah pilek hampir satu bulan tidak sembuh - sembuh. obat sudah kuminum juga tidak sembuh juga. setelah kudengar ada tetangga aku yang hamil diluar nikah, selang beberapa hari, pilek yang aku derita sembuh.


demikain yang dapat aku share ndann, menurut aku dalam hal mitos, jika kita semakin percaya, mitos tersebut akan terjadi, begitu sebaliknya. menurut aku mitos adalah peringatan agar kita selalu waspada dan berhati - hati dalam hidup kita 
  1. Hi Muhammad Rovicky,

    Assalamualaikum,

    Nama saya Fu Xuan dan asalnya Malaysia.

    Bahasa Indonesia aku tidak berapa bagus, tapi aku ingin tahu lebih tentang tabu yang dikemukakan tentang konsep pamali dan hujaan 'rak ilok' dalam pembuatan kursi atau perabot duduk dengan kayu nangka.

    Bolehkah aku tahu adakah adanya orang-orang tua lagi yang boleh mengungkap cerita dan mitos disebalik mitos ini?

    Terima kasih
    F.X.

  1. fu xuan, terima kasih telah berkunjung
    aku juga pernah tanya gitu ke orang orang tua, tapi gak pernah ada jawabannya

  1. Yg pasti, cewek2 Jepara itu cantik2. Dan cowok2nya juga ganteng, kayak saya ini��

Post a Comment

info orkes jepara

berita seputar jepara

info persijap