twitter
kabupaten jepara adalah salah satu kabupaten di jawa tengah yang berada di bagian utara. tapi kabupaten jepara tidak dilalui oleh jalur pantura yang menjadi jalan ekonomi di pulau jawa. walaupun demikian, kabupaten jepara mempunyai prestasi yang membanggakan dan tidak kalah dengan kabupaten yang lain di jawa tengah. berikut ini aku akan share 6 prestasi yang diraih kabupaten jepara.

1. penghargaan API dari kemenag tahun 2015




Kepedulian Pemerintah Kabupaten Jepara dalam pengembangan pendidikan Agama Islam  mendapat penghargaan dari Kementerian Agama RI pada even Apresiasi Pendidikan Islam (API). Diterimanya Anugerah API tersebut mengulang sukses yang sama pada 2011. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin kepada Bupati Jepara,
Ahmad Marzuqi, pada Malam Tasyakuran Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (6/1) malam lalu. Bupati Jepara didampingi Kepala Kemenag Kabupaten Jepara, Kabag Kesra dan Kabag Humas Kabupaten Jepara. Kabupaten Jepara merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Pulau Jawa yang mendapat penghargaan tersebut.
Kabupaten/kota penerima API harus memenuhi syarat, seperti memiliki visi, misi, strategi dan target yang jelas dan terukur dalam pengembangan pendidikan Islam; memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi dalam peningkatan mutu, akses dan daya saing pendidikan Islam; memberikan alokasi anggaran memadai dalam peningkatan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan, serta memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi dalam peningkatan sarana dan prasarana pendidikan Islam dan fasilitasi kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan.

2.  penghargaan adipura tahun 2014






Piala Adipura kembali di raih Kabupaten Jepara untuk ke 10 kalinya. Piala tersebut di serahkan Wapres Boediono kepada Bupati Jepara Ahmad Marzuqi di istana Wapres kamis pagi. Selanjutnya kemarin Jumat (6/6/2014) Piala Adipura kesepuluh ini di arak mulai dari perbatasan Kabupaten Kudus.
Meski Kabupaten Jepara gagal menyabet Adipura Kencana 2014 dan Bumi Kartini kalah bersih dengan Kabupaten Pati. Namun M Yusuf menyampaikan perolehan itu tetap di dambakan pemkab. Serta pihaknya akan terus berfikir lebih keras lagi , bagaimana cara supaya Jepara bisa meningkatkan kebersihan dan meraih Piala Adipura Kencana.

3. penghargaan satya lencana wirakarya tahun 2010

bupati jepara Drs. Hendro Martojo, MM menerima penghargaan satya lancana wirakarya bidang KB dari presiden RI yang diserahkan oleh wapres Boediono bersamaan dengan upacara bulan bhakti gotong royong masyarakat ke VII dan harganaske XVII tahun 2010 di Palu SUlawesi tengah  

4. penghargaan ketahanan pangan tahun 2005 

suara merdeka (31/12/2005)
Hendro menerima penghargaan ketahanan pangan yang diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Program Gema Kartini memang patut menerima penghargaan karena memberikan perhatian besar pada sektor pertanian, penanganan pascabanjir, pembangunan saluran irigasi, dan kebijakan yang berpihak kepada petani.

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional di Purwakarta (Jabar) awal bulan ini, Bupati Jepara menerima penghargaan Ksatria Bhakti Husada Arupala dari Pemerintah Pusat. Penghargaan diserahkan Menteri Kesehatan karena Pemkab memberikan perhatian besar terhadap peningkatan kesehatan masyarakat.

5. penghargaan daerah hijau tahun 2011


suara merdeka (21/09/2011)
Kabupaten Jepara mendapat penghargaan Indonesia Green Region Award (IGRA) 2011 dari Kementerian Lingkungan Hidup (LH). Penghargaan diserahkan Sekretaris Kementerian LH RI Hermien Roosita kepada Bupati Jepara Hendro Martojo di Jakarta, Rabu (21/9) siang. Ini merupakan penghargaan kesekian kalinya di bidang lingkungan hidup yang diterima Kabupaten Jepara.

"Penghargaan ini bukan tujuan utama. Lebih dari itu, kami bersama masyarakat berupaya semaksimal mungkin untuk menciptakan kondisi lingkungan yang baik untuk masa depan," kata Hendro Martojo, Rabu (21/9).

Penyelengaraan acara IGRA 2011 itu diselenggarakan Kantor Berita Radio (KBR) 68 H Jakarta bersama majalah SWA Jakarta.  Untuk menentukan sembilan daerah penerima IGRA, penyelenggara melakukan penilaian ketat melalui enam orang juri di bidang lingkungan hidup. Mereka adalah mantan menteri lingkungan hidup Sonny Keraf, Direktur Eksekutif WALHI Berry Nahdian Furqon, dan Ahli Planologi Universitas Trisakti Yayat Supriyatna. Di luar itu, terdapat unsur media massa yang diwakili Toriq Hadad dari majalah Tempo, Komisaris PT Adaro Energy Tbk Palgunadi Tatit Setyawan, dan Corporate Secretary PT Indonesia Power Noesita Indriyani. 

Jepara merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Jateng yang mendapatkan penghargaan ini. Delapan daerah lain adalah Kota Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Palangkaraya, Banda Aceh, Kabupaten Kuningan, Payakumbuh, dan Berau.


suara merdeka (15/08/2006)
Kabupaten Jepara terpilih sebagai daerah paling proinvestasi di Jawa Tengah dalam Pemilihan Kabupaten/Kota Pro-Investasi 2006 yang diselenggarakan BPM Jateng. Sementara Kudus menyusul di peringkat dua dan Kota Surakarta peringkat tiga. 

Dua daerah lain yang masuk seleksi adalah Kota Tegal dan Kabupaten Cilacap. Tahun lalu, posisi ketiga ditempati Kota Semarang. Namun saat ini ibu kota Jateng itu bahkan tidak masuk lima besar. 

Demikian hasil penilaian dalam Pemilihan Kabupetan/ Kota Pro-Investasi 2006 di Gedung Java Design Center (JDC), kemarin. Dalam diskusi panel, lima kepala daerah atau yang mewakili memaparkan program proinvestasi di hadapan panelis. Para panelis terdiri atas Wakil Gubernur Ali Mufiz, Ketua Kadin Jateng Solichedi, Agung Suhandiono dari International Finance Corporation (IFC), Direktur Promosi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Erwin Siregar, Ir Frieda Rustani dari Asia Foundation dan Vincent Didik dari Unika Semarang.

''Jepara menang karena kekuatannya mendasarkan pada potensi industri kecil, apalagi sektor ini bisa menyerap tenaga kerja cukup besar. Potensi ini didukung dengan sektor pariwisata, sehingga investor tidak hanya berbisnis, tetapi juga merasa nyaman. Selain itu, citra sebagai sentra mebel menjadi poin. Sebab setiap tahun kota ini selalu dikunjungi dubes dari berbagai negara," tutur Solichedi.


itulah beberapa penghargaan yang diterima kabupaten jepara yang dapat aku share. terimaksih dan jangan lupa tinggalkan komentarnya  


terimaksih artikelnya kepada:




4.

Post a Comment

info orkes jepara

berita seputar jepara

info persijap